Sabtu, 05 Mei 2012

接尾辞 (せつびじ/Sufiks/ Akhiran) Dalam Bahasa Jepang I



  1. Sufiks yang digunakan untuk orang (seperti profesi, kewarganegaraan, dll)

    a. Sufiks ー人 (じんdibaca jin) yang berarti orang. Sufiks ini digunakan untuk menunjukkan kewarganegaraan, profesi, status, dll. Berikut contohnya.

      1. インドネシア人 (orang Indonesia), 日本人 (orang Jepang), イギリス人 (orang Inggris), dll.
      2. 外国人 (がいこくじん): orang asing, 愛人 (あいじん): kekasih, 知人 (ちじん): kenalan, 痴人 (ちじん): orang bodoh, dll.
    b. Sufiks -( にんdibaca nin) yang berarti orang. Sufiks ini digunakan untuk menunjukkan satuan orang atau jumlah orang dalam bahasa Jepang. Misalnya, 三人 (さんにん): 3 orang, 五人 (ごにん): 5 orang, tidak digunakan untuk penyebutan 1 orang dan 2 oang, karena memiliki penyebutan tersendiri.

    c. sufiks -(たちdibaca tachi). Sufiks ini dikenal dengan sufiks jamak yang digunakan untuk penyebutan orang dan hewan. Dulunya sufiks ini digunakan untuk memberi sebutan kehormatan. Seperti: 子ども達 (こどもたち): anak-anak, 女達 (おんなたち): perempuan, dan penyebutan tersendiri untuk kata 友達 (ともだち): teman.

    d. Sufiks -(dibaca ya). Sufiks ini biasanya khusus digunakan untuk profesi yang berhubungan dengan penjualan, karena kanji sufiks ini merupakan kanji toko. Contohnya, 花屋 (はなや): penjual bunga/florist, 肉屋 (にくや): penjual daging, 写真屋 (しゃしんや): fotografer, 床屋 (とこや): tukang cukur, dll.

    e. Sufiks -さん, -さま, はん, -くん, dan -ちゃん. Sufiks ini khusus digunakan dibelakang nama orang, dan penggunaannya pun berbeda-beda tergantung seberapa dekat, jenis kelamin, atau bagaimanaa derajat orang lain bagi kita. Sufiks ini tidak boleh digunakan untuk menyebut nama sendiri. Sufiks ini dapat diartikan saudara, tuan, nyonya, nono, dan bisa juga tidak memiliki arti apa-apa. Contohnya, ハルトノさま, リカさん, アリくん, フィヴィちゃん, dll. Khusus sufiks さま yang bisa ditempatkan dibelakang profesi seseorang untuk memberikan penghormatan atau sebagai tatakrama, seperti ぼくしさま、社長さま、dll

    f. Sufiks (dibaca shi). Yang berarti Bapak/Tuan. Sufiks ini sama penggunaanya dengan sufiks di atas (d), namun lebih khusus digunakan untuk laki-laki sebagi bentuk hormat. 本田氏.

    g. Suffiks(), (しゃ)、手 (しゅ)、員 (いん)、家 ()adalah sufiks yang khsus digunakan untuk menunjukkan profesi atau pekerjaan seseorang yang sama dengan sufiks . Contohnya, 講師 (こうし): dosen, 学者: sarjana, 歌手: penyanyi, 銀行員: pegawai bank, 作家: penulis, dll.

    h. Sufiks 先生 (せんせい dibaca sense). 先生 ini berfungsi sebagai sufiks jika diletakkan di belakang nama orang untuk menyebutkan guru, seperti: ラニ先生 yang berarti guru Rani atau Bu Rani.

  2. Sufiks yang digunakan untuk menunjukkan tempat

    a. Sufiks atau (かわ dibaca kawa). Sufiks ini digunakan untuk menyebutkan atau menunjukkan sungai. Seperti, ナイル川

    b. Sufiks ( dibaca yama). Sufiks ini digunakan untuk menyebutkan atau menunjukkan gunung, seperti: 富士山 (ふじさん): gunung fuji.

    c. Sufiks (こう dibaca kou). Sufiks ini digunakan khusus untuk sekolah, dan jika ia prefiks, maka jenis ini juga digunakan yang berhubungan dengan sekolah 校長 (こうちょう): kepala sekolah, 校舎 (こうしゃ): gedung sekolah.

    d. Sufiks (しょ dibaca sho) adalah sufiks yang digunakan untuk penyebutan tempat atau lokasi, seperti: 事務所 (じむしょ): kantor, 住所 (じゅうしょ): alamat, 場所 (ばしょ): tempat, 投票所 (とうひょうしょ): tempat pemungutan suara, dll.

    e. Sufiks (dibaca ji) merupakan Sufiks yang digunakan untuk penyebutan kuil khususnya kuil Buddha, seperti: 東大寺 (とうだいじ): kuil Todaiji, 国分寺 (こくぶんじ), 金閣寺 (きんかくじ kuil yang terbuat dari emas; terletak di Kyoto), 銀閣寺 (ぎんかくじ kuil yang terbuat dari perak; terletak di Kyoto), dll.

  3. Sufiks untuk satuan hitung.

    a. Sufiks (さい dibaca sai) adalah sufiks untuk menyatakan usia seseorang, seperti: 21歳 (にじゅういっさい): 21 tahun.

    b. Sufiks (かい) merupakan sufiks untuk menyatakan satuan kejadian atau kejadian yang berulang. Contoh: 三回 (さんかい): tiga kali. 一日にご飯を三回食べています。: Saya makan tiga kali sehari.

    c. Sufiks (だい dibaca dai). Suffix ini digunakan untuk satuan hitung kendaraan. Seperti: 二台 (にだい): dua kendaraan.

    d. Sufiks (dibaca ji) adalah sufiks untuk satuan waktu / jam, seperti: 一時 (いちじ): jam satu.

    e. Sufiks / (dibaca me untuk urutan ke...) merupakan sufiks yang digunakan untuk bilangan tingkat atau nomor urut. Seperti: 二番目: kedua.


0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google